Tentang Ensiklopedia Leadership & Manajemen Muhammad SAW

 
Muhammad Saw, samudera hikmah yang luas tak bertepi dan taman kearifan yang indah penuh warna.

“Dengan memerhatikan semua standar ukuran kehebatan, kita bisa bertanya, apakah ada orang yang lebih hebat dari dia? Dia adalah filsuf, orator, rasul, legislator (penentu hukum), pemimpin tentara, negosiator ulung, pembaharu, pemimpin keagamaan, pendiri lebih dari 20 wilayah negara berasas agama. Dialah Muhammad.” 
(Alphonse de Lamartine, Paris, 1854) 

Pendahuluan

 Mengkaji perjalanan hidup Muhammad Saw bagaikan mengarungi samudera nan luas tak bertepi. Wisdom dan hikmah yang terpancar darinya sangat banyak seolah kita tidak akan sanggup untuk menghitungnya. Bagaikan taman, ia juga adalah manusia pilihan yang memberikan suri keteladanan yang indah dan mengagumkan dalam hampir semua spektrum kehidupan baik pribadi, keluarga maupun masyarakat. Keteladanannya juga kita temukan dalam aspek bisnis, militer, budaya, dakwah, kesehatan, sosial politik serta hukum dan pendidikan.

Ibarat seorang penyelam yang mencari mutiara di samudera nan luas maka ia tidak akan pernah benar-benar mengarungi samudera tersebut sampai lengkap ke semua penjurunya. Kita mengira seorang kita telah menjelajahi jauh ke berbagai pelosok. Padahal sesungguhnya kita baru saja bergerak tidak jauh dari pantai tempat perahu tertambat. Siapapun yang mengkajinya pasti tidak akan lengkap. Seberapa pun upaya yang dicurahkan pasti tidak akan sempurna.

Menyadari hal tersebut, penulis dan tim Tazkia dengan penuh kesadaran dan kerendahan hati memohon kepada Allah Swt untuk memberanikan diri melangkah mencari sedikit mutiara yang tersebar luas tersebut. Mencari bunga-bunga nan indah di taman kearifan Rasulullah Saw. Upaya ini dirangkai dan dituangkan dalam bentuk ensiklopedia yang kami namai "Ensiklopedia Leadership & Manajemen Muhammad Saw, “The Super Leader Super Manager.""

"The Super Leader Super Manager" dari Buku ke Ensiklopedia

Dari sisi judul, ensiklopedia ini sangat mirip dengan buku kami terdahulu Muhammad Saw, the Super Leader Manager (IBF Award Winner, 2009), karena memang ensiklopedia ini merupakan tafsir atau syarah dari buku tersebut. Di dalam buku terdahulu terdapat 8 spektrum leadership dan managerial Rasulullah Saw yang meliputi dimensi self development, business & entrepeneurship, family, dakwah, management, social-politics, education, legal development dan militery strategy. 

Dalam ensiklopedia ini pun demikian, bedanya pembahasan masing-masing spektrum dalam buku hanya satu bab sekitar 20 halaman, sementara pada ensiklopedia sekitar 250 hingga 350 halaman, lengkap dengan foto, sketsa serta matrik dan diagram.

Komentar Tokoh dan Ulama


“M. Syafi’i Antonio mengajak kita untuk melakukan revolusi dalam bersikap terhadap Rasulullah Saw. Muhammad Saw bukan saja imam kita di masjid dlam hal ibadah, tetapi juga contoh leader dan manager terbaik.” 
(Prof. Dr. Din Syamsuddin, Ketua Umum PP Muhammadiyah)

“Buku pertama yang ditulis cendekiawan Indonesia yang mengaitkan secara padu dan sistematis antara suri tauladan Muhammad Saw dengan disiplin leadership dan manajemen modern. Satu pencerahan yang dinanti Indonesia dan dunia.” 
(Dr. Hidayat Nur Wahid, Ketua MPR-RI periode 2004-2009)

“Buku ini harus dibaca oleh umat Muslim dan Tionghoa di Indonesia, karena bisa memberikan inspirasi Kebangsaan Nasional. Indonesia dengan penduduk Muslim terbesar di dunia dan suku Tionghoa terbesar di luar “Greater China” sudah seharusnya merajut kembali Islam Sutera di Tanah Air Tercinta. Karena itulah, buku ini menjadi penting sekali.” 
(Hermawan Kartajaya, Marks Plus & Co.)

“Ini sebuah usaha penting yang patut diapresiasi secara serius, terutama di saat kepemimpinan banyak mengalami dekadensi seperti sekarang ini.” 
(KH. Hasyim Muzadi, Ketua Umum PB NU periode 1999-2004; 2004-2009).

Leadership Principle merupakan elemen fundamental model ESQ, Subhanallah, saudaraku, Dr. M. Syafi’i Antonio telah mengembangkannya secara konprehensif dan integral berbasis suri tauladan Rasulullah Saw. Buku ini wajib dibaca oleh setiap insan yang ingin meneladani Rasulullah Saw secara holistik, termasuk alumni ESQ.” 
(Ary Ginanjar Agustian, ESQ Leadership Centre)

“Sungguh beruntung orang yang berkeyakinan bulat bahwa Rasulullah Saw adalah tauladan yang nyata dalam membawa kesuksesan dunia akhirat.” 
(Aa Gym, Darut Tauhid)

“…dari sekian buku tentang Rasulullah Saw, buku ini termasuk yang paling istimewa. Selamat mengenal, mengikuti, dan mencintai Rasulullah Saw.” 
(Yusuf Mansyur, Wisata Hati)

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Spesifikasi buku: klik di sini.
Ulasan isi buku: klik di sini.

Info & pemesanan buku:
wa 085691764871

bisa ‪#‎cash‬ ‪#‎arisan‬ ‪#‎angsuran‬
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -